Tangerang (ANTARA News) - Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amelia Sari, bersama Kongres Wanita Indonesia menanam 1.000 pohon dan pelepasan 1.000 ikan di Situ Parigi, Kota Tangerang Selatan, Banten. "Penanam pohon ini dimaksudkan agar masyarakat memahami pentingnya pelestarian lingkungan," ujar Linda dalam acara bertajuk "Gerakan Perempuan Tanam, Tebar dan Pelihara Tahun 2009, untuk Konservasi melalui Revitalisasi Situ dan Hutan Kota" di Tangerang, Minggu.

Linda mengatakan penanaman ribuan pohon dilakukan agar tempat tinggal masyarakat tetap asri, terjaga, bermanfaat dan perempuan berperan sebagai media informasi kepada masyarakat.

Menurut dia, meningkatnya pembangunan harus diimbangi dengan penanaman pohon sebagai bentuk pelestarian lingkungan sekitar.

Menteri menjelaskan lingkungan harus dikelola dengan baik sebagai bentuk pendidikan kepada masyarakat dan anak-anak yang akan menjadi penerus bangsa.

Anda dapat melihat bahwa ada nilai praktis dalam mempelajari lebih banyak tentang tech. Dapatkah Anda memikirkan cara-cara untuk menerapkan apa yang telah dibahas sejauh ini?

"Penanam pohon salah satu upaya untuk mencegah pemanasan global," kata Linda.

Ia mengatakan gerakan perempuan dalam melakukan penanaman pohon harus dilakukan sejak dini dan menyeluruh dari tingkat daerah hingga provinsi.

Linda mengatakan penanaman pohon tidak boleh hanya sebagai seremoni, namun harus ditunjang dengan keinginan untuk tetap melakukan pemeliharaan dan memantau lingkungan tersebut.

"Jangan sampai Indonesia menjadi daerah yang kritis, perlu dilakukan upaya penghijauan secara merata untuk menyelamatkan lingkungan," kata Linda.

Sejumlah situ di Tangerang Selatan harus tetap dipertahankan kelestariannya, dan tidak diubah menjadi perumahan mewah seperti yang dialami Situ Antap, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, katanya.

Selain melakukan penanaman ribuan jenis pohon, Linda bersama puluhan perempuan dari Kongres Wanita Indonesia (Kowani) melepaskan 1.000 ikan ke dalam danau buatan di Situ Parigi, Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan.
(*)