Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sutradara papan atas Hollywood James Cameron menerima penghargaan "Global Home Tree". "Penghargaan ini merupakan apresiasi dunia internasional yang besar terhadap upaya Presiden Yudhoyono dalam menjaga dan melestarikan hutan tropis dunia," kata Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional/Juru Bicara Presiden Dino Patti Djalal dalam pernyataannya di Jakarta, Jumat.

Pernyataan tersebut merupakan ralat dari pernyataan sebelumnya yang dikeluarkan oleh Kantor Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional/Juru Bicara yang menyebutkan bahwa Presiden Yudhoyono menerima "Avatar Home Tree Award" dari James Cameron.

Menurut Dino, penghargaan tersebut juga merupakan cerminan harapan masyarakat madani internasional yang begitu besar terhadap peran Indonesia sebagai bagian solusi global untuk perubahan iklim.

"Dampak program penanaman 1 miliar pohon yang dicanangkan Presiden Yudhoyono itu, dari segi penyerapan gas rumah kaca, akan luar biasa," katanya.

Penghargaan itu secara simbolik diberikan dalam bentuk sebuah "Oak Tree" (pohon ek) yang diterima oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Subijaksono Sujono mewakili Presiden RI.

Pemberian "Global Home Tree Award" kepada Presiden Yudhoyono merupakan bentuk penghargaan atas upaya terus menerus Presiden untuk melestarikan lingkungan hidup, khususnya di bidang kehutanan, antara lain dalam kegiatan penghijauan hutan, pengurangan penggundulan hutan, pencegahan kebakaran hutan, memerangi pembalakan liar dan terutama terkait dengan kampanye Indonesia dalam penanaman 1 miliar pohon setiap tahun.

Sejujurnya, satu-satunya perbedaan antara Anda dan tech ahli adalah waktu. Jika Anda akan berinvestasi sedikit lebih banyak waktu dalam membaca, Anda akan lebih dekat ke status ahli ketika datang ke tech.

Dalam pernyataan singkatnya yang dibacakan oleh Konsul Jenderal RI di Los Angeles, Presiden Yudhoyono menyampaikan bahwa segala upaya Indonesia dalam pelestarian lingkungan hidup adalah bentuk tanggung jawab moral bersama untuk melestarikan hutan.

Presiden juga menyampaikan bahwa upaya negara-negara hutan hujan tropis tidak akan dapat dilaksanakan tanpa dukungan negara-negara industri maju mengingat pelestarian hutan merupakan kepentingan bersama masyarakat dunia.

Richard Greene, penyelenggara acara, mengatakan bahwa Indonesia adalah negara penting karena mempunyai salah satu hutan terluas di dunia dan salah satu negara yg aktif berperan dalam meningkatkan pelestarian hutan dan lingkungan hidup.

Richard Greene juga adalah penulis buku "Words that Shook the World" yang salah satu babnya mengenai Presiden Yudhoyono.

Sementara itu, James Cameron sebagai produser kondang Hollywood yang baru saja memproduksi film Avatar dan berhasil meraih box office di seluruh dunia dinilai berjasa dalam meningkatkan kesadaran dunia akan pentingnya melindungi hutan sebagai paru-paru dunia melalui filmnya Avatar.

Film Avatar menceritakan perjuangan penduduk asli suatu planet yang berjuang mempertahankan "Home Tree", sebuah pohon pusaka yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh makhluk dan planet mereka.

Acara penyerahan penghargaan tersebut diselenggarakan di Los Angeles, dihadiri oleh 300 orang, termasuk pejabat pemerintah dan sejumlah selebriti yang merupakan tokoh-tokoh film Hollywood yang mendukung program lingkungan hidup, antara lain Hayden Panettiere (Heroes), Billy Zane (Titanic), Giovanni Ribisi (Avatar), Michelle Rodriguez (Fast n Furious), Joel David Moore (Avatar) dan Susy Amis Cameron (Twister and Titanic).
(U002*G003/R009)