Balikpapan (ANTARA News) - Kodam VI/Tanjungpura melakukanaksi penanaman pohon di bendungan pengendali banjir III Kelurahan Gunung Bahagia, Kecamatan Balikpapan Selatan, Jumat, untuk membantu mencegah peningkatan dampak perubahan iklim. Kegiatan penanaman pohon dipimpin Pangdam VI/Tanjungpura Mayjen TNI Tono Suratman, Kasdam VI/Tanjungpura Brigjen Tan Aspan, Kapolda Kaltim Irjen Pol Mathius Salempang, Wakapolda Kaltim Brigjen Ngadino, Wali Kota Balikpapan Imdaad Hamid dan beberapa pejabat Muspida Balikpapan serta perwakilan manajemen PT Coca-Cola Distribution Astaga.com lifestyle on the net Kalimantan dan Perum Pengadaian sebagai sponsor.

"Saya harapkan kegiatan penanaman pohon dapat memelopori proses penghijauan atau reboisasi di wilayah Kota Balikpapan yang dianggap rawan banjir dan longsor serta daerah yang masuk peta resapan air," kata Pangdam VI/Tanjungpura, Mayjen TNI Tono Suratman.

Wujud nyata kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan kepedulian Kodam VI/Tanjungpura dalam membantu Pemkot Balikpapan menjaga kelestarian lingkungan serta mengajak semua pihak untuk menjaga wilayah masing-masing khususnya Kota Balikpapan agar lestari, ujarnya.

"Kegiatan penanaman pohon ini membantu program pemerintah dalam mencegah peningkatan dampak pemanasan global dan perubahan iklim yang ekstrem," kata Tono.

Saat ini, dampak perubahan iklim menjadi tantangan terberat bagi manusia dalam pengelolaan lingkungan hidup, ujarnya.

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang telah Anda ketahui tentang tech? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan sisa paragraf?

Ia mengemukakan, mengharapkan gerakan penghijauan penanaman pohon ini, apabila dilaksanakan oleh seluruh komponen bangsa di wilayah Tanah Air akan mendorong peningkatan rehabilitasi lahan, konservasi sumber daya alam dan kelestarian lingkungan hidup.

Tono menambahkan, apabila kegiatan ini dilaksanakan secara berkesinambungan, dalam beberapa tahun ke depan dapat memberikan manfaat yang besar dan memiliki dampak strategis dalam melindungi dan memelihara kelestarian lingkungan hidup di Balikpapan dan sekitarnya.

Sementara itu, perwakilan manajemen PT Coca-Cola Distribution Astaga.com lifestyle on the net Kalimantan Aulia mengatakan bahwa tindakan nyata yang dilakukan Coca-Cola Distribution Astaga.com lifestyle on the net sebagai bentuk tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility/CSR) di wilayah operasi Kalimantan diekspresikan melalui partisipasi dan dukungan terhadap gerakan Kaltim Hijau.

"Selain sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Kaltim Hijau, kegiatan penanaman pohon merupakan bentuk nyata kepedulian Coca-Cola terhadap lingkungan dan masa depan anak bangsa," ujarnya.

Sesuai dengan tema komunikasi terbaru Coca-Cola "Buka Semangat Baru", ia berahrap, kegiatan penanaman tersebut dapat meningkatkan semangat generasi muda untuk peduli terhadap lingkungan dan menjadikan kegiatan penanaman pohon sebagai ekspresi semangat kepedulian untuk masa depan mereka.

"Hal penting lain adalah menumbuhkan kesadaran mereka bahwa penghijauan juga menentukan masa depan mereka sehingga generasi muda masih dapat menikmati udara segar di masa mendatang," kata Aulia menambahkan.
(T.S035/N002/P003)