Jayapura (ANTARA News) - Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Jayapura, Papua bersama PT Freeport Indonesia (PTFI) dan warga masyarakat akan melakukan penanaman sekitar 2000 anakan pohon di arena Festival Danau Sentani (FDS), Kawasan Wisata Kalkote, Sentani Timur, Jayapura pada Jumat (11/6) "Anakan pohon sagu, trumbesi dan linggua ini disumbangkan PT Freeport Indonesia sebagai bagian dari program Freeport Peduli pelestarian lingkungan hidup," kata Bupati Jayapura, Habel Melkias Suwae,S.Sos.MM kepada ANTARA di Jayapura, Rabu.

Sedikitnya sudah tiga kali PTFI dan Pemkab Jayapura bekerjasama dalam pelestarian lingkungan seperti yang dilakukan saat ini.

Pada tahun 2009 lalu, PTFI bersama Pemkab Jayapura menggelar kegiatan tanam seribu pohon di areal depan Kantor Bupati Jayapura dan hingga kini tanaman pohon itu tumbuh subur.

Bupati Jayapura mengakui kalau kegiatan Jumat Bersih tingkat Kabupaten Jayapura pada Jumat (11/6) nanti dipusatkan di arena FDS.

"Dengan demikian, promosi wisata Danau Sentani yang digelar pada 19-23 Juni bertemakan Loving Culture For Our Future itu tidak terlepas dari program pelestarian lingkungan hidup," kata Habel.



Industri kepariwisataan, lanjutnya, harus sejalan dan searah dengan isu global pelestarian lingkungan hidup. Inilah kejelian PTFI menangkap dan memanfaatkan momentun pesta budaya ini sebagai kesempatan memberikan pendidikan lingkungan hidup bagi masyarakat umum.

Siapa saja yang pada hari ini menanam satu anakan pohon berarti dia sudah menyiapkan masa depan bagi generasi yang menyusulinya. Hal ini sama juga dengan tema FDS 2010 "Loving Culture For Our Future" - siapa saja yang mencintai tradisi dan kebudayaannya berarti dia sudah menyiapkan masa depan bagi generasi baru yang menggantikannya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan PTFI Jayapura, Anthon Raharusun mengakui kalau Pemkab Jayapura sudah memprogramkan kegiatan Jumat Bersih pada Jumat (11/6) nanti dengan menanam anakan pohon berbagai jenis di arena FDS Kawasan Wisata Kalkote, Sentani Timur.

Dia mengakui kalau pihaknya sudah menyediakan 1.600 anakan pohon sagu, 400 anakan trumbesi dan 400 anakan pohon linggua.

Selain dilakukan penanaman pohon pada Jumat Bersih (11/6), PTFI juga bergandengan tangan dengan Pemkab Jayapura dan masyarakat Sentani melakukan penanaman anakan pohon pada puncak FDS 19 Juni mendatang.

"Penanaman anakan pohon juga dilakukan pada Minggu (13/6) oleh Duta Besar Vatikan untuk Indonesia Mgr Leopoldo Girelli dan para pemuka agama serta masyarakat di arena FDS. Penanaman anakan pohon ini merupakan simbol kerukunan hidup antarumat beragama di tanah Papua khususnya di Kabupaten Jayapura," kata Anton Raharusun.
(HLM/B010)