Saturday, December 18, 2010

Dana Rehabilitasi Taman Nasional Merapi Rp5 Juta/HA

The following article lists some simple, informative tips that will help you have a better experience with mobil keluarga ideal terbaik indonesia.
Kebumen, (tvOne)

Menteri Kehutanan (Menhut) Zulkifli Hasan mengungkapkan, untuk merehabilitasi tanaman yang rusak di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi akibat erupsi Merapi akan dianggarkan Rp5 juta per hektare.

"Akan kami dengar nanti pendapat para ahli apakah kawasan itu sudah bisa ditanami pada 2011. Kami akan kerja sama dengan berbagai pihak dan akan menyiapkan anggaran Rp5 juta per hektare untuk rehabilitasi kawasan tersebut," kata Menhut di Kebumen, Sabtu.

Ia mengatakan hal tersebut sebelum meresmikan Hutan penelitian dan Wisata Alam Wanagama III di Pantai Petanahan, Kebumen.

If you don't have accurate details regarding mobil keluarga ideal terbaik indonesia, then you might make a bad choice on the subject. Don't let that happen: keep reading.

Luas kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sekitar 6.800 hektere, hampir semua tanaman di kawasan tersebut rusak akibat erupsi Merapi beberapa waktu lalu. "Waktu menuju Kebumen saya memantau kondisi Merapi pascaerupsi. Dalam radius enam kilometer atau sekitar 10 hektare tanaman rusak karena semburan awan panas. Kondisinya memang kering dan pohonnya habis," katanya.

Oleh karena itu, katanya, Kementerian Kehutanan akan membantu untuk merehabilitasi kawasan tersebut, dan dana akan dianggarkan pada 2011 kalau sudah bisa ditanami dan situasinya normal.

Menurut dia, untuk merehabilitasi kawasan seluas 10 ribu hektare membutuhkan waktu sebentar, apalagi kepedulian menanam masyarakat di sekitar Merapi cukup tinggi, namun yang penting apakah lahan sudah bisa ditanami.

"Mungkin nanti Kementerian Kehutanan akan bekerja sama dengan Fakultas Kehutanan UGM untuk melakukan penelitian, termasuk jenis tanaman yang akan ditanam di kawasan Merapi disesuikan dengan kondisi daerah tersebut," katanya.

Menhut mengatakan, tanaman yang rusak akibat erupsi Merapi tidak hanya kawasan TNGM. "Nanti di luar kawasan TNGM bisa dibantu untuk rehabilitasi. Tanaman punya rakyat juga boleh," katanya.

Ia mengusulkan, agar ada jarak tertentu secara melingkar dari puncak Merapi untuk konservasi. "Kalau bisa, kami usulkan dari puncak Merapi minimal radius delapan kilometer, sehingga kawasan TNGM bertambah luas. Nanti kami akan koordinasi dengan pemerintah daerah di sekitar Gunung Merapi," katanya. (Ant)

That's the latest from the mobil keluarga ideal terbaik indonesia authorities. Once you're familiar with these ideas, you'll be ready to move to the next level.

No comments:

Post a Comment